Shin Tae-yong Panggil 8 Pemain di Bawah 20 Tahun Masuk Skuad Timnas U-23, Siapa Saja?

interwinews.com – Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk persiapan Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala AFF U-23 2022. Dari nama-nama tersebut, terdapat delapan pemain yang usianya masih di bawah 20 tahun.

Shin Tae-yong mengorbitkan banyak pemain muda ke Timnas Indonesia. Hal itu tampak jelas di Piala AFF 2020 lalu. Para pemain muda seperti Ramai Rumakiek hingga Pratama Arhan dapat kepercayaan penuh.

Hal serupa juga terjadi pada skuad untuk Piala AFF U-23. Pelatih asal Korea Selatan itu memang memanggil sejumlah pemain Timnas Indonesia level senior, tapi dia juga banyak membawa pemain sangat muda.

Setidaknya, ada delapan pemain di skuad Timnas Indonesia U-23 yang berusia di bawah 20 tahun. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya sejauh ini?

Cahya Supriadi (18 tahun)

Cahya Supriadi bahkan belum menjalani debut di BRI Liga 1. Tapi, dia telah mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk masuk dalam skuad Timnas U-23. Kiper Persija Jakarta itu baru berusia 18 tahun.

Walau belum pernah bermain untuk tim utama Persija, pemanggilan Supriadi tidak mengejutkan. Sebab, namanya sudah masuk dalam skuad Timnas U-19 saat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu.

Supriadi tampaknya disiapkan untuk proyek jangka panjang. Sebab, Supriadi masih bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Muhammad Ferrari (18 tahun)

Sama-sama berasal dari Persija dan berusia 18 tahun, Ferrari punya menit bermain lebih banyak dibanding Cahya Supriadi. Ferrari telah bermain pada enam laga di BRI Liga 1.

Dari enam laga itu, Ferrari memang hanya jadi pemain pengganti. Tapi, bagi pemain muda dan melihat nama-nama yang ada di lini belakang Persija, catatan Ferrari bisa dibilang cukup bagus.

Kakang Rudianto (18 tahun)

Pemain muda Persib Bandung ini sedang naik daun. Dia mendapat ‘berkah’ dari serbuan Covid-19 ke skuad Persib. Dia baru saja memainkan debutnya di BRI Liga 1 dan langsung mencetak gol bagi Maung Bandung.

Rudianto sudah dipantau Shin Tae-yong sejak 2020 lalu. Dia selalu dipanggil saat Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan. Rudianto juga pernah menimba ilmu di Garuda Select dan jadi pilihan utama.

Marselino Ferdinan (17 tahun)

Salah satu playmaker dengan prospek yang cerah di Indonesia. Usianya baru 17 tahun, tetapi menjadi pemain yang sangat penting bagi Persebaya Surabaya. Marselino menjadi pemain inti di BRI Liga 1 2021/2022.

Marselino telah mencetak empat gol dan lima assist untuk Persebaya di BRI Liga 1. Marselino punya distribusi bola yang bagus. Selain itu, dia juga punya tendangan jarak jauh keras dan akurat.

Ronaldo Kwateh (17 tahun)

Usianya memang baru 17 tahun, tapi Ronaldo sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada level senior. Dia selalu dimainkan Shin Tae-yong pada dua laga uji coba melawan Timor Leste.

Ronaldo memang belum mencetak gol, baik untuk Madura United maupun Timnas Indonesia. Tapi, pada level kelompok usia, kemampuan anak dari Roberto Kwateh ini sangat menonjol. Ronaldo pencetak gol yang tajam.

Komang Teguh (19 tahun)

Komang Teguh merupakan jebolan Timnas Indonesia U-16 era Fakhri Husaini. Dia punya postur dan kemampuan teknis yang bagus sebagai bek tengah. Potensi pemain 19 tahun itu sangat besar.

Komang Teguh bermain untuk Borneo FC di BRI Liga 1 2021/2022. Sejauh ini, dia telah memainkan dua laga bersama Pesut Etam. Catatan apik ini membawa Komang Teguh dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-23.

Subhan Fajri (18 tahun)

Fajri adalah satu dari tiga pemain dari Timnas U-19 yang dipanggil untuk berlatih dengan Timnas Indonesia senior saat pemusatan latihan di Turki. Rupanya, Shin Tae-yong sangat terpikat dengan kemampuan Fajri.

Fajri baru berusia 18 tahun. Dia masih bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023 nanti. Piala AFF U-23 bisa menjadi panggung bagi pemain Persiraja Banda Aceh itu untuk menyegel satu tempat di skuad Timnas Indonesia U-20.

Ramai Rumakiek (19 tahun)

Tidak mengejutkan jika Shin Tae-yong memanggil Rumakiek. Sebab, namanya memang selalu masuk daftar panggil sejak 2021 lalu. Baik untuk kelompok usia maupun senior.

Rumakiek tampil bagus di Piala AFF 2020 lalu dengan mencetak satu gol. Lalu, pada laga uji coba melawan Timor Leste, pemain Persipura Jayapura itu juga menyumbang satu gol pada duel kedua.

Daftar Pemain Timnas U-23

Kiper: Muhammad Adisatryo (Persik), Cahya Supriadi (Persija), Muhammad Riyandi (Barito Putera)

Belakang: Komang Teguh (Borneo FC), Alfeandra Dewangga (PSIS), Bayu Fiqri (Persib), Rizky Ridho (Persebaya), Achmad Figo (Arema FC), Pratama Arhan (PSIS), Komang Tri (Bali United), Muhammad Ferrari (Persija), Kakang Rudianto (Persib), Subhan Fajri (Persiraja), Irsan Lestaluhu (Persipura), Bagas Kaffa (Barito Putera)

Gelandang: Rachmat Irianto (Persebaya), Syahrian Abimanyu (Persija), Marselino Ferdinan (Persebaya), Ramai Rumakiek (Persipura), Eka Febri (PSIS), Genta Alparedo (Arema FC), Muhammad Iqbal (Persita), Gunansar Mandowen (Persipura), Beckham Putra (Persib), Muhammad Kanu Helmiawan (PSS)

Penyerang: Irfan Jauhari (Persija), Ronaldo Kwateh (Madura United), Hanis Saghara (Persikabo 1973), Taufik Hidayat (Persija)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on reddit
Share on tumblr
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: