Profil Mohamed Saleh Liverpool

Profil Mohamed Salah Liverpool

Mohamed Salah merupakan pesepakbola profesional asal Mesir. Ia memiliki nomor punggung 11 dan berposisi sebagai penyerang pada klub asal Inggris dan Timnas Mesir, Liverpool.

Kekinian, pemilik nama lengkap Mohamed Salah Ghaly ini menjadi salah satu penyerang paling mematikan di dunia. Mohamed Salah lahir pada 15 Juni 1992 di Nagrig, Gharbia, Mesir. Sejak kecil Mohamed Salah sangat menyukai olahraga sepakbola dan setiap harinya ia selalu menonton pertandingan sepakbola melalui televisi.

Karier Mohamed Salah

Salah memulai karir seniornya dengan klub Mesir Al Mokawloon, pergi tak lama kemudian untuk bergabung dengan klub Swiss Basel dengan biaya yang tidak diungkapkan. Di Swiss, penampilannya menarik tim Liga Premier Chelsea, yang mengontraknya pada 2014 dengan bayaran sebesar £ 11 juta. Namun, ia jarang digunakan di musim debutnya dan diizinkan pergi dengan status pinjaman ke klub Serie A Fiorentina dan Roma, dengan yang terakhir akhirnya mengontraknya secara permanen seharga € 15 juta. Menyusul perannya dalam membantu Roma finis di posisi kedua dan rekor penghitungan poin klub pada tahun 2017, Salah kembali ke Liga Premier untuk menandatangani kontrak dengan Liverpool dengan biaya rekor klub sebesar £ 36,9 juta.

Mohamed Salah liverpool
Mohamed Salah liverpool

Karier Mohamed Salah di Mesir menanjak pada Maret 2010 ketika promosi ke tim utama El Mokawloon. Selama tahun 2011-2012, ia menjadi selalu starter. Pada tahun 2012, kariernya di Eropa mulai terbuka ketika Mesir menjamu tim asal Swis, Basel FC. Kala itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 2 gol. Melihat sepak terjangnya, sebulan kemudian Basel mengontraknya selama 4 tahun.

Mohamed Salah lantas menjadi starter penting di kubu Basel yang pada musim 2012-2013 menjuarai liga domestik. Salah dianggap sebagai Pemain Paling Berharga di Swis Super League dan ia juga memenangkan penghargaan Swis Golden Player. Mohamed Salah juga pernah berseragam Chelsea. Namun, kariernya bersama The Blues kurang cemerlang. Ia lebih sering duduk di kursi cadangan.

Pada tahun 2015, Salah pindah ke Fiorentina dengan status pemain pinjaman. Bersama Fiorentina, Mohamed Salah mampu mencetak 9 gol dan mencatatkan 4 asist dalam 26 pertandingan. Penampilan impresifnya membuat Fiorentina, yang sebelumnya hanya meminjam Salah dari Chelsea, memutuskan untuk mempermanenkannya. Namun, Salah menolak dan dia pun hanya bertahan semusim di sana.

Klub selanjutnya yang dia bela adalah AS Roma. Mohamed Salah tampil lebih ganas bersama tim Serigala Ibu Kota tersebut. Dalam 83 penampilannya bersama Roma, Salah mampu mencetak 34 gol dan memberikan 24 asis kepada rekan-rekannya.

Menyusul performanya yang konsisten di Roma membawa mereka ke tempat kedua dan rekor poin total tahun 2017, Mohamed Salah kembali ke Premier League untuk bergabung dengan Liverpool.

Tak hanya di skala Eropa, Salah juga unjuk gigi di skala internasional. Bersama tim nasional Mesir, Mohamed Salah menjadi pemain terpenting yang membawa negaranya menuju pentas Piala Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: